logo-smatag45-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

Detail Berita

Siswa SMATAG Siap Hadapi Program CAMBRIDGE [repost: 24 Oktober 2022]

Haii sobat SMATAG, kalian tau gak sih sekolah kita sedang mengikuti program International Generally Certificate of Secondary Education ( IGCSE ) yang diadakan oleh University of Cambridge Inggris. Dalam program ini sekolah kita bekerjasama dengan SMA Khadijah Surabaya. Program ini berbentuk ujian tertulis layaknya Ujian Nasional (UN) untuk mata pelajaran matematika kelas XI dan XII dimana lembar soal tersebut dikirim langsung dari University of Cambridge Inggris dan hasil ujian juga dikirim ke Inggris untuk dikoreksi.

Tujuan mengikuti program ini untuk meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia agar mencapai kesetaraan di dunia internasional yang berkualitas khususnya di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Selain itu, dengan mengikuti program ini akan mendapat sertifikat resmi dari dari University of Cambridge Inggris yang telah diakui oleh dunia dan bisa dicantumkan untuk pendaftaran SNMPTN.

Dalam mengikuti program ini, siswa diwajibkan untuk membayar sebesar Rp. 3000.000,00. Namun, pihak sekolah memberikan kesempatan bagi siswa siswi peringkat 1 sampai 3 di masing masing kelas dengan diadakannya tes tulis berkaitan dengan soal Cambridge. Yang nantinya ada 2 nilai terbaik dan akan mendapatkan biaya ujian gratis.

Pembinaan program ini dilakukan selama 10 kali pertemuan selama 2 jam untuk persiapan menghadapi ujian. Ujian tersebut dilakukan secara langsung di SMA Khadijah berbasis paper test, dimana lembar ujian langsung dikirimkan dari Universitas Cambridge Inggris. Ujian ini dilakukan 2 kali, yang pertama dilaksanakan pada 17 Oktober 2022 selama 1 jam 30 menit. Sedangkan ujian kedua dilaksanakan pada 20 Oktober 2022 selama 2 jam 30 menit. Selama ujian berlangsung, para peserta hanya dipersilahkan untuk menggunakan calculator, kamus, serta alat tulis yang diperlukan. Handphone peserta dikumpulkan dalam keadaan mati untuk menghindari adanya kecurangan selama ujian berlangsung. Setelah ujian berakhir, lembar ujian peserta akan dikirim kembali ke Universitas Cambridge Inggris untuk dikoreksi.

Semoga nilai para peserta mendapatkan yang terbaik, dan selalu semangat dalam kegiatan apapun.


Penulis

Anggota mading